Minggu, 07 Maret 2010

Pendaftaran Tamtama TNI AD

Akan dibuka pendaftaran Tamtama PK TNI AD Gelombang II TA. 2010

Gelombang II
1. Pendaftaran : 5 Juli s.d 23 Juli 2010
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 26 Juli s.d 19 Nopember 2010. (Psi 6-7 Oktober 2010)
3. Sidang Panitia Daerah : 22 s.d 25 Nopember 2010
4. Buka Pendidikan : 29 Nopember 2010.

TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)

PERSYARATAN TAMTAMA PK

1. PERSYARATAN UMUM

a. Warga Negara Republik Indonesia, Pria, dan bukan anggota/mantan prajurit TNI/ Polri dan PNS TNI.

b. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

c. Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945

d. Berumur sekurang kurangnya 18 tahun dan setinggi tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama. Gelombang I buka Dikma tanggal 3 Mei 2010 dan gelombang II tanggal 29 November 2010.

e. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian Republik Indonesia.

f. Sehat Jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.

g. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

2.PERSYARATAN LAIN

a. Serendah-rendahnya berijazah/lulusan SMP/Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi.

b. Belum pernah kawin/nikah dan sanggup tidak kawin/nikah selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.

c. Memiliki tinggi badan sekurang kurangya 163 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

d. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 7 tahun.

e. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

f. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bbi dengan meneliti KTP orang tua/wali ( sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003)

g. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 Cm.

h. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

1) Administrasi
2) Kesehatan
3) Jasmani
4) wawancara
5) Psikologi.

PERSAYARATAN TAMBAHAN

a. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.

b.Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

c. Bebas narkoba.

d. bagi yang sudah bekerja :

1) Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas jawatan/instansi yang bersangkutan.

2) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD..

e. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

Sbr : Dispenad

12 komentar:

Pak saya mau tanya,Pak mohon lebih diawasi,karena banyak sekali terjadi praktik suap bahkan sudah tidak asing lagi bagi para pendafatar,apakah ini dibenarkan? Dengan alasan demi kelancaran proses untuk bisa menjadi seorang prajurit? dan apakah harus punya kenalan/saudara dari orang dalam agar bisa lebih lancar dalam proses pendaftaran? Terima kasih pak,mohon maaf kalau saya banyak tanya. Salam...

Saudara Gunawan, yang anda maksudkan itu adalah praktek wierfing (menjanjikan seseorang masuk militer dengan imbalan sejumlah uang). hal tersebut adalah larangan dan tidak di benarkan karena masuk TNI AD tidak dipungut biaya sepeserpun. kalaupun Sdr Gunawan menemukan praktek wierfing di lapangan siapapun orangnya sdr bisa langsung melaporkannya ke pihak yg berwenang (Pusat dan POM) untuk ditindak lanjuti. karena saat ini TNI AD sedang mencari bibit unggul untuk di tempa menjadi prajurit pilihan dalam mengemban tugasnya dimanapun berada. Siapapun bisa menjadi prajurit TNI AD selama tidak kehilangan haknya dan tidak mempunyai catatan kriminal dari kepolisian.

Ass. Pak saya mau tanya pendaftaran rindam V dimana alamatnya??
Dan Bagai mana kalau saya tinggal di tangerang?? Terima kasih

Pak untuk wilayah ciledug tangerang dimana tempat pendaftarannya?? terima kasih

Rindam V/Brawijaya adalah pelaksana dan pembantu Kodam V/Brawijaya dalam menyelenggarakan pendidikan yang terletak di wilayah jawa timur, Saudara bisa mendaftarkan diri di wilayah anda berada. Ciledug Tangerang termasuk wilayah jawa barat di bawah Kodam Jaya maka saudara harus mendaftarkan diri melalui Ajendam untuk wilayah jabar.

Untuk wilayah Kodam Jaya satuan pembantu/pelaksana pendidikan Kodam Jaya adalah Rindam Jaya.

Untuk informasi pendaftaran di wilayah DKI, silahkan hubungi Ajendam Jaya di 8091114, atau 8093100.

tapi kenapa "bantuan" dari orang dalam itu berpengaruh pada kelulusan peserta yg melakukan praktik itu pak? apa mereka melakukan kecurangan dalam penilaian atau dengan cara lain? Kenapa pengawasannya kurang ketat sehingga orang dalam itu bisa leluasa melakukan kecurangan? Terima kasih pak..

Sdr. Gunawan bagaimanapun praktek weirfing tidak bisa dibenarkan dalam proses pendaftaran anggota TNI. Mereka bisa melakukan weirfing dgn cara memanipulasi data yg sebenarnya dan itu yang sampai sekarang akan terus diusut bila dikemudian hari ditemukan praktek serupa. kecurangan tersebut bisa saja dilakukan oleh "oknum" yg tdk bertanggung jwb dgn memanfaatkan kelengahan petugas. sudah ada beberapa kasus praktek serupa yg sudah terungkap dan "oknum" tersebut di beri sangsi tegas dari komando atas, kemudian bagi peserta test akan di kembalikan. terima kasih atas masukkannya...

jawaban2 bapak sangat memuaskan.. Terima Kasih bapak.. Sukses selalu...

sama-sama semoga bisa membantu...

maf pak aku adalah peminat untuk masuk menjadi anggota TNI tapi karena aku trlalu sibuk dg pkrjaanku skrg jadi aku lupa jadwal pendftrn gel.2 thn 2010, kalau blh nanya sudah adakh prediksi pembkaan pendftrn thn 2011,agar aku bsa memprsiapkn smuay. trimakash

pak saya mau tanya ..
umur saya hampir beranjak 23 tahun ..
tapi saya pengen masuk apakah masih ada kesempatan buat saya masuk jd anggota ...
terima kasih pak..

@dimas : bila ada pemberitahuan dari pusat maka akan segera di umumkan di berbagai satuan wilayah seperti kodim,korem dan ajen masing2 wilayah dengan menggelar sepanduk atau papan pengumuman. sementara ini masih belum ada.

@anonim : maaf untuk batas usia maksimal 22 tahun. kecuali bila anda meneruskan sampai jenjang kuliah anda masih ada kesempatan mengikuti pendaftaran SPA (Sekolah Perwira)

Blogger news