Jumat, 18 Juni 2010

Jet Tempur Baru Rusia, Diklaim Lebih Unggul Daripada F-22 Milik AS

Moskow - Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin naik ke kokpit jet tempur baru buatan Rusia. Dengan bangga ia berujar, pesawat itu lebih canggih dibanding F-22 Raptor milik Amerika Serikat (AS). Wah!

Putin menyaksikan secara langsung uji terbang pesawat tempur yang dijuluki T-50 itu Kamis, (17/6), kemarin. Pesawat ini telah diuji coba pertama kali selama 45 menit pada akhir Januari lalu.

"Mesin jet tempur ini lebih unggul dibanding pesaing utama kami, F-22, dalam hal manuver, persenjataan dan jangkauan," ujar Putin seperti dikutip dari reuters, Jumat (18/6/2010).

Sukses pembuatan T-50 ini, yang diproduksi oleh Sukhoi, sangat penting bagi Rusia pasca runtuhnya Uni Soviet tahun 1991. Apalagi kalau bukan untuk menunjukkan kemajuan teknologi militer Rusia kepada AS, yang merupakan pesaing utama mereka.

F-22 Raptor adalah jet tempur siluman milik AS yang terbang pertama pada tahun 1997. Pesawat tempur generasi kelima ini memiliki sistem pengendalian senjata serta mampu menjelajah dengan kecepatan supersonik.
Sementara, kata sang pilot kepada Putin, kontrol jet T-50 dimungkinkan untuk dilakukan tanpa meletakkan tangan di joystick. Ini sangat berguna bila pesawat berada dalam kondisi gaya gravitasi sangat tinggi.

Putin meminta jet tempur F-50 harus siap digunakan pada 2015. Ia berencana melakukan join dengan India untuk memproduksi pesawat ini.

Meskipun lebih canggih dari Raptor, menurut Putin biaya pembuatan T-50 tiga kali lebih kecil. T-50 juga mampu beroperasi lebih lama yakni antara 30 hingga 35 tahun.

"Aku tahu, aku sudah terbang," ucap Putin. (irw/her/Ars)


Sbr : DetikNews

0 komentar:

Blogger news